latest Post

Pengetahuan Seputar LJK

Halo sobat blogger pada postingan kali ini saya akan membahas seputar LJK. LJK (Lembar Jawaban Komputer) adalah kertas khusus yang biasa digunakan untuk input data melalui perangkat seperti OMR (Optical Mark reader). 

OMR adalah sebuah teknologi elektronik yang dapat mengambil data dari daerah yang dikasih tanda seperti checklist dan lingkaran hitam dari kertas khusus (LJK). OMR dapat menscan LJK dan merekam posisi tanda (lingkaran hitam) di atas kertas dan kemudian mengolahnya ke dalam komputer. Teknologi ini biasanya digunakan untuk memeriksa ujian pilihan berganda.

Alasan penggunaan pensil 2B:
Sebenarnya pensil HB juga bisa digunakan tetapi pensil HB biasanya teksturnya agak keras dan goresan di kertas kurang terang, tidak seperti pensil 2B yang memiliki kualitas penghitamannya lebih tajam dibanding jenis lainnya

Alasan kenapa ngebuletin harus full
supaya kalo misalnya kita ngebuletin salah satu opsi sensornya kebaca semua, jadi masuk jawaban benar tetapi mengisi bulatan dan tidak boleh lebih dari bulatan, tetapi sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar. Selama pensil tidak melebar ke area jawaban yang lain.


Tips Mengisi LJK
1. Jangan membeli pensil yang isinya miring karena pensil dengan isi miring dapat dipastikan pensil mudah patah saat digunakan, pilihlah pensil dengan Leads tepat di tengah.

2. Jangan membeli pensil dengan isi pensil yang merosot keluar dari pensil, pensil dengan isi yang merosot dapat dipastikan akan mudah patah saat digunakan.


3. Pilihlah pensil dengan Isi pensil yang besar, Isi pensil yang besar membuat pensil tidak mudah patah selain itu pensil dengan isi yang besar akan mempercepat proses melingkari jawaban.


4. Pilihlah pensil dengan isi pensil yang lebih berkilau, isi pensil yang lebih berkilau akan lebih mudah dibaca oleh scanner.

5. Gunakan Pensil 2B – For Computer yang telah lulus test OMR Test / Scan Test.





Sekian postingan dari saya, semoga bermanfaat....


About Bagas Abi W

Unknown
Salah satu manusia remaja asal jogja yang sedang belajar untuk menulis blog. Suka dengan teknologi, olahraga, dan suka hal yang simpel.

0 comments:

Posting Komentar