latest Post

Bahaya Menggunankan Laptop tanpa Baterai


Hai sobat Blogger, pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang bahayanya memakai laptop tanpa baterai. Mungkin banyak orang berpendapat berpendapat bahwa menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan baterai terpasang bisa memperpendek usia baterai.



Ada juga yang berpendapat bahwa menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa baterai terpasang bisa merusak komponen-komponen di laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop.

Memang kedua opini di atas memang tidak ada salahnya. Menyalakan laptop dengan baterai memang bisa membuat baterai membengkak, tetapi menyalakan laptop tanpa baterai lebih membahayakan. Di bawah ini beberapa dampak negatif menyalakan laptop tanpa baterai.

  1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan. 
  2. Kalo listrik tiba-tiba mati (laptop pasti langsung mati), jika hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah hard disk, ram, processor yang bisa rusak. 
Melepas baterai hanya untuk laptop yang tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga boleh di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai.

Kalo pake AC power mendingan baterainya tetep dipasang, daripada motherboard yang rusak biayanya bisa jutaan.

Nah sekian postingan dari saya, moga-moga bermanfaat...

About Bagas Abi W

Unknown
Salah satu manusia remaja asal jogja yang sedang belajar untuk menulis blog. Suka dengan teknologi, olahraga, dan suka hal yang simpel.

2 comments: